Menhan Lantik Laksdya TNI Widodo Jabat Sebagai Sekjen Kemhan

Sabtu, 10 Juni 2017


Jakarta, DMC – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menjadi Inspektur Upacara Pelantikan dan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan), Kamis (11/2) di kantor Kemhan, Jakarta. Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 32/TPA Tahun 2015, jabatan Sekjen Kemhan diserahterimakan dari Letjen TNI Ediwan Prabowo, S.I.P. kepada Laksdya TNI Widodo, S.E., M.Sc.

Upacara Pelatikan dan Sertijab Sekjen Kemhan tersebut dihadiri oleh Irjen Kemhan Marsdya TNI Ismono Wijayanto, Rektor Unhan Letjen TNI I Wayan Midhio, Kepala Bakamla Laksdya TNI Dr. Desi Albert Mamahit, M.Sc. serta pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemhan. Hadir pula Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemhan Ny. Nora Ryamizard Ryacudu beserta sejumlah Pengurus DWP Kemhan.Terkait Pelantikan dan Sertijab Sekjen Kemhan ini, Menhan dalam amanatnya mengatakan bahwa serah terima jabatan dalam organisasi yang modern dan adaptif adalah hal yang biasa di lingkungan Kemhan. Pergantian jabatan ini juga dimaksudkan sebagai jaminan kesinambungan pelaksanaan tugas dan fungsi pertahanan dalam mewujudkan pertahanan negara yang kokoh, kuat dan mandiri.

Dikatakan Menhan, dalam tata kelola Kemhan, Sekjen Kemhan berperan sebagai administrator dan koordinator pelaksanaan tugas dan fungsi Kemhan, yang diselenggarakan oleh para Direktur Jenderal dan Kepala Badan serta seluruh unsur pelaksana di lingkungan Kemhan.Peran tersebut dilakukan dalam rangka membantu Menhan merumuskan dan menetapkan kebijakan penyelenggaraan pertahanan negara berdasarkan Kebijakan Umum Pertahanan Negara yang ditetapkan oleh Presiden. Disamping itu, secara khusus Sekjen Kemhan membantu Menhan menetapkan kebijakan, strategi, manajemen dan dukungan administrasi kepada TNI.Lebih lanjut atas pelantikan Laksdya TNI Widodo, S.E., M.Sc. sebagai pejabat Sekjen Kemhan yang baru, Menhan atas nama pemerintah dan pimpinan Kemhan menyampaikan ucapan selamat dan berharap Sekjen Kemhan yang baru dapat mewujudkan prestasi dan kualitas kinerja Kemhan.Menhan lebih lanjut juga berharap kepada pejabat Sekjen Kemhan yang baru untuk dapat segera menghayati dinamika tugas di Kemhan. “Segera menyesuaikan diri dengan tugas, peran dan fungsi sebagai Sekjen Kemhan. Lakukan koordinasi dan sinkronisasi tugas, baik secara internal maupun eksternal. Perhatikan kesinambungan program kerja yang telah dirintis oleh pejabat lama dengan program kerja yang akan dilaksanakan”, tambah Menhan.

Sementara itu kepada pejabat Sekjen Kemhan yang lama Letjen TNI Ediwan Prabowo, S.I.P., Menhan menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi, loyalitas dan karya serta pengabdian selama bertugas yang telah ditunjukkan dengan kualitas kepemimpinan dan manajerial yang tinggi serta memiliki integritas membantu pimpinan Kemhan dalam mengelola penyelenggaraan sistem pertahanan negara. (BDI/RAP/SAP)